Berita terbaru seputar tekhnologi

Monday, December 8, 2014

Cara Masuk Kedalam BIOS & Mengatur Boot Menu BIOS

BIOS

Cara Masuk Kedalam BIOS & Mengatur Boot Menu BIOS

BIOS ( Basic Input Output System ) sebuah software yang ditulis dalam bahasa pemrograman assembler. Fungsi utama dari BIOS adalah sebagai jembatan penguhubung antara perangkat keras ( hardware ) dengan perangkat lunak ( Software ). Untuk membaca lebih lengkapnya, silakan kalian lihat disini.

Apabila kalian ingin menginstall / memperbaiki Sistem Operasi yang kalian gunakan, kalian biasanya harus memasuki BIOS terlebih dahulu untuk membaca media installasi yang kalian gunakan, entah itu CD / DVD / Hardisk External atau USB FlashDisk.

Berikut ini saya akan memberi tahu bagaimana cara memasuki BIOS dan melakukan pengaturan boot menu agar media installasi kalian terbaca di PC.

1. Untuk memasuki pengaturan BIOS, masing-masing motherboard memiliki pengaturan berbeda-beda. Caranya adalah sebelum memasuki logo Sistem Operasi ( Logo Windows / OS X / Linux ) kalian pencet salah satu tombol keyboard kalian yakni :

- F2, F11, F12, ESC, F10. F8, atau DEL.

Ingat ! sebelum memasuki logo Sistem Operasi, kalian harus menekan salah satu tombol tersebut !

2. Jika kalian berhasil, kalian akan menemui sebuah menu BIOS yang kira-kira tampilannya seperti dibawah ini ( rata-rata tampilan menu BIOS kurang lebih sama untuk setiap motherboard ) :

BIOS

3. Nah, apabila kalian ingin menginstall OS dalam media installasi CD / DVD ? USB FlashDisk, kalian tinggal atur saja boot menunya. Untuk mengaturnya, silakan kalian arahkan pada tab boot dengan cara menekan tombol arah pada keyboard.

Contohnya adalah dibawah ini :

3a. Install OS melalui CD/DVD / USB FD

Setelah kalian memasuki pilihan tab boot, dan kalian menginstall OS melalui media CD / DVD, kalian letakkan boot menu CD-ROM / DVD-ROM Drive dipaling atas. Caranya dengan memilih tulisan pada CD-ROM / DVD-ROM Drive --> Tekan F5 untuk menaikan menu boot CD ROM / DVD-ROM Drive keatas --> Tekan F10 & pilih YES. Setelah itu PC kalian akan restart dengan sendirinya.

Sedangkan untuk menginstall lewat FD, kalian letakkan saja pilihan Removable Devices dipaling atas. Biasanya bernama USB HardDrive / Nama FlashDisk kalian ( SanDisk, KingSton, Dlll ). ( Lihat gambar yang ada di nomor 2 ).

Sorot pada pilihan CD ROM / DVD-ROM Drive dan tekan F5

BIOS

Letakkan seperti ini.


BIOS

Jika sudah kalian tekan F10 dan klik YES

BIOS

Setelah restart, nanti akan muncul dilayar seperti "press any button to boot from CD/DVD", kalian tekan tombol apa saja 

3. Done ! jika kalian ingin melakukan pengaturan dari awal lagi setelah selesai install OS, cukup masuk kembali ke menu BIOS --> setelah di menu BIOS, kalian tekan F9 dan pilih YES --> Tekan ESC untuk keluar dari BIOS maka BIOS kalian akan kembali pada pengaturan awal. 

Mudah bukan ? :)

Baca Juga :

Cara Masuk Kedalam BIOS & Mengatur Boot Menu BIOS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Post a Comment